Macam-Macam Teknologi

9:52 PM



1. Teknologi Darurat
Teknologi darurat atau disebut dengan emerging technology, merupakan pengembangan, kombinasi atau integrasi dari beberapa teknologi yang sudah ada sebelumnya. biasanya dilandasi oleh perubahan " filosofi /konsep/pendekatan " yang berbeda dari pengetahuan atau teknologi sebelumnya dan mempunyai ( notensi ) dampak perubahan yang bersifat radikal, fundamental atau sangat signifikan.
contoh emerging technology adalah manipulasi genetika, kecerdasan bahasa ( artifical intelligence ), altemate energy, dan nanotechnology.

2. Teknologi Tinggi
teknologi tinggi atau disebut dengan high tech, mengacu pada teknologi rumit. teknologi ini digunakan oleh berbagai macam industri yang mempunyai karakteristik tertentu.
contoh dari teknologi tinggi tersebut adalah aeronautik atau ilmu membuat pesawat.

3. Teknologi Medium
merupakan sekumpulan teknologi luas dimana antara teknologi tinggi dan rendah. teknologi medium bisa diartikan dalam proses mendewasakan teknologi yang bersedia menerima nasihat daripada transfer teknologi.

4. Teknologi Rendah
merupakan teknologi yang mengacu pada teknologi yang telah meresap kesehmen besar masyarakat. teknologi ini mempunyai karakteristik seperti berikut:
- penggunaan operasi manual
- mempunyai tingkat pembelanjaan penelitian rendah
- produck diproduksi sebagian besar mengetik yang memuaskan kebutuhan dasar manusia seperti makanan, tempat perlindungan, pakaian dan layanan dasar manusia.

5. Teknologi Tepat Guna
merupakan ilmu tentang cara melakukan sesuatu atau memecahkan masalah tertentu melalui penerapan kaidah ilmiah, teori ilmiah dan hasil teori ilmiah kebentuk praktis berupa prangkat keras seperti benda, alat, pesaawat atau mesin.

6. Teknologi Tersusun
merupakan bagian dari pengetahuan terselubung sehingga dibentuk oleh pengalaman selama proses pengembangan.

7. Teknologi Alternatif
merupakan istilah yang digunakan advokat lingkungan untuk mengacu pada teknologi yang lebih ramah lingkungan.

8. Teknologi Bersih
biasanya meliputi tenaga angin, matahari, biogas, air, biofeuls, informasi, motor elektrik dan banyak peralatan lainnya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »